WhatsApp Image 2018 12 18 at 18.39.34

Jurusan Ilmu Politik melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat pada 10 November 2018. Dengan tema: Pelatihan penguatan organisasi lokal masyarakat di kelurahan Limau manis. Padang

WhatsApp Image 2018 12 18 at 18.39.33

Workshopipolrenstra

Workshop Rencana Strategis Jurusan Ilmu Politik FISIP Unand yang diadakan di Gedung Kuliah Pascasarjana FISIP Jati Jln Situjuh Padang. 

Dinamika Menjelang pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 semakin dirasakan dalam masyarakat 

bahkan KPU/KPUD sudah dimulai melaksanaan Tahapan Pemilu serentak tersebut. sementara ditingkat
Elite sudah mulai dilihat loby politik untuk membicarakan koalisi yang akan dibentuk dan
kemungkinan nama - nama calon presiden dan wakil presiden yang akan diusulkan dalam kontestan
tersebut.IMG 5525a
Kuliah umumyang diselenggarakan ini bertujuan untuk membahas lebih mendalam fenomena
pemiluserentak yang akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang.
Kuliah umum diikuti lebih kurang 150 orang mahasiswa jurusan S1 dan S2 Ilmu Politik FISIP Unand,
adapun pemateri kuliah umum ini adalah Dr.Philips J. Vermonte yang sehari - hari bertugas sebagai direktur Eksekutif Center for Strategis and International Studies (CSIS)

Friday, 20 October 2017 16:16

Awasi Kecurangan Harta Pejabat Negara

Program Jurusan Ilmu Politik Mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Partisipasi Masyarakat Dalam Mengawasi Harta Pejabat Negara” ini dilakukan di Ruang Sidang Dekanat FISIP lantai 2. Acara dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Adapun peserta acara yang hadir kurang lebih sebanyak 40 orang. Acara dibuka oleh pimpinan Fakultas yang diwakilkan oleh Dr. Aidinil Zetra selaku wakil dekan 1. Sedangkan moderator acara langsung diambil alih oleh salah satu Dosen Ilmu Politik FISIP Unand yaitu Drs. Syaiful, M.Si. Menurut Bapak Aidinil sendiri bahwa acara ini merupakan salah satu acara yang sangat penting karena berhubungan dengan keberlanjutan bangsa dan Negara. Dalam keberlanjutan Negara, masyarakat tidak bisa lepas tanggung jawab begitu saja, ada banyak peran yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pencurian uang Negara yaitu bantuan pemantauan dan pelaporan kekayaan para pejabat Negara kepada LHKPN.
Narasumber diperoleh informasi sebagai berikut: LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) lebih dahulu muncul dari KPK dan sekarang satu visi dan misi dengan KPK dalam menindaklanjuti tindak pidana korupsi hanya saja LHKPN merupakan lembaga yang bergerak dibidang pencegahan. Saat ini pelaporan harta kekayaan ke LHKPN baik dari pihak yang bersangkutan maupun dari masyarakat yang sebagai pemantau, sudah bisa dilakukan via online. Disana sudah tersaji beragam pilihan form pelaporan asset. Keterlibatan masyarakat sangat diharapkan sekali dalam mengawasi kekayaan pejabat/penyelenggara Negara ini.

 IMG 5444aa

LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) faktanya lebih dahulu lahir dibanding KPK hanya saja saat ini di lebur menjadi satu dengan KPK untuk upaya penindakan kasus korupsi. Peran serta masyarakat sangat penting dalam upaya pencegaran korupsi. Biasanya masyarakat belum tau bahwa mereka juga berperan dalam mengawasi harta pejabat Negara ini. LHKPN bergerak dibidang pencegahan.
TAHAPAN KECURANGAN (Fraud)
1. Theft
2. Convertion
3. Concealment
Tidak hanya di Indonesia tapi hampir seluruh Negara di dunia juga melaporkan harta kekayaan ke pejabat yang berwenang.
Sejarah pelaporan harta kekayaan diIndonesia bahwa hal ini sudah terjadi sejak orde lama hanya saja KPK baru lahir pasca reformasi. Manfaat pelaporan harta kekayaan:

Friday, 20 October 2017 14:32

PEMUDA DAN PEMBAHARUAN POLITIK

Ilmu Politik FISIP Unand pada  tanggal 17 Oktober 2017 mengadakan Kuliah Umum terbuka bagi seluruh mahasiswa FISIP di Aula Gedung Dekanat FISIP Unand. Pemuda memiliki peranan penting yaitu sebagai pembentukan bangsa, terkhususnya pemuda di minangkabau. Sejarah mencatat pemuda yang gencar untuk memerdekakan indonesia berasal dari ranah minang. Sosiologi politik terbaru ada temuan Midleman/Intermedia actor (ada perantara antara masyarakat dengan ). Peran dari intermedia actor, kalau dulu ada Adam Malik yang mana, beliau mencoba men-transisikan orde lama ke orde baru serta pembaharuan terhadap regional ASEAN.
Dengan semangat kepemudaan ini maka Program Pendidikan Ilmu Politik FISIP Unand Mengadakan Kuliah Umum yang bertajuk “PEMUDA DAN PEMBAHARUAN POLITIK INDONESIA MENUJU 2045” dengan menghadirkan narasumber Dimas Oky Nugroho,Ph.D dari kalangan Staff Kepersidenan Republik Indonesia.
Dekan FISIP Bapak Dr. Alfan Miko M.Si mengatakan sangat berterima kasih dengan kehadiran staff kepersiden RI ini dapat memacu mahasiswa S1 dan S2 Fakultas FISIP lebih kuat rasa kebanggsaan dan berpolitik lebih cerdas. Dan kami jurusan ilmu politik berkomitmen untuk mengangkat acara yang berelasi dengan kantor staf kepresidenan untuk tahun depannya kapan perlu presiden RI yang kita undang, ketua Prodi Ilmu Politik FISIP bapak Dr. Asrinaldi M.Si mengatakan Pemuda memiliki peranan penting yaitu sebagai pembentukan bangsa, terkhususnya pemuda di minangkabau. Sejarah mencatat pemuda yang gencar untuk memerdekakan indonesia berasal dari ranah minang. Sosiologi politik terbaru ada temuan Midleman/Intermedia actor (ada perantara antara masyarakat dengan ). Peran dari intermedia actor, kalau dulu ada Adam Malik yang mana, beliau mencoba men-transisikan orde lama ke orde baru serta pembaharuan terhadap regional ASEAN.
Dimas Oky Nugroho,Ph.D dalam kuliah umumnya menyampaikan, Anak muda selalu menjadi peran penting / jembatan antara publik dan masyarakat. Peran anak muda lebih ke penguatan sosial politik di negara. Pada zaman orde baru pemuda atau anak muda diarahkan lebih kepada penguatan pembangunan ekonomi, anak muda didorong untuk menjadi pelaku ekonomi. Pada saat ini di Indonesia anak muda tertarik untuk menjadi enterpreneur melalui media sosial.

IMG 5397a

Tantangan terbesar saat ini dan dimasa depan ialah bagaimana pemimpin mampu mengerahkan atau memberikan pendidikan politik dan meningkatkan partisipasi politik dari pemuda atau masyarakat. Poin terpentingnya ialah bagaimana cara pemimpin berkomunikasi dengan anak muda atau masyarakat.
Paling penting untuk saat ini ialah jangan sampai pemuda kehilangan karakter dan nilai-nilai yang dipegang teguh. Nilai-nilai yang dipegang teguh sesuai dengan prinsip kebangsaan. Pemuda harus membangun jaringan dan berkonstribusi. Seperti yang diucapkan oleh bapak Gusdur “boleh pergi kemanapun namun jangan lupa jalan pulang”.
Marcho ilmu politik angkatan 2015, dalam sesi Tanya jawab menyampaikan, Pembaharuan apa yang bisa diberikan oleh pemuda dari segi politik untuk indonesia yang lebih baik ? Apa yang bisa diperbaharui oleh mahasiwa sebagai sebuah entitas dalam masyarakat ?.
Dimas Oky Nugroho,Ph.D menjawab, Setiap generasi melahirkan pemimpinnya sendiri, dan memahami persoalan kebangsaan dan memberikan solusi untuk itu. Persoalannya ialah indonesia itu, rumitnya adalah seperti masa lalu yang belum tuntas. Adapun solusinya yaitu, percaya pada diri sendiri. Adapun solusi harusnya pemuda indonesia memiliki karakter yang berintegritas, dan daya tahan mencapai sesuatu harus dibangun lagi untuk pemuda indonesia saat ini.

Tuesday, 17 October 2017 11:12

POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS

DISKUSI PUBLIK “POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS” : URGENSI PARTAI POLITIK UNTUK MEMILIKI KODE ETIK DAN PANDUAN REKRUTMEN DAN KADERISASI.

Di sela-sela hiruk pikuknya perhatian publik terhadap perseteruan antara KPK dan Pansus Angket DPR RI, Jurusan Ilmu Politik FISIP Unand berkerja sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) melakukan sebuah acara yang dikemas dengan nama “Diskusi Publik Cerdas Berintegritas : Urgensi Partai Politik untuk Memiliki Kode Etik dan Panduan Rekrutmen dan Kaderisasi”. Tujuan kegiatan ini selain diseminasi Dokumen Kode Etik dan Panduan Kaderisasi Rekrutmen dan Kaderisasi Ideal yang telah disusun oleh KPK dan LIPI, kegiatan ini juga ditujukan untuk menggalang perhatian publik terhadap persoalan kode etik dan rekrutmen yang selama ini terjadi di partai politik.

IMG 5274

 

Kegiatan Diskusi Publik ini dilaksanakan pada Kamis, 12 Oktober 2012, di Aula Pasca Sarjana Universitas Andalas dengan menghadirkan tiga orang pembicara : Bapak Sujanarko (Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK RI), Dr. Sri Nuryanti (LIPI) dan Dr Aidinil Zetra (Akademisi dan Wakil Dekan I FISIP Unand). Kegiatan ini merupakan program roadshow Politik Cerdas Berintegritas yang dilakukan oleh KPK di 10 universitas yang ada wilayah Indonesia mulai dari Sumatera hingga ke Papua. Untuk Wilayah Sumatera, kegiatan kerjasama ini hanya dilakukan dengan Universitas Andalas dan Universitas Lampung.

IMG 5305

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Dr Endri Martius, MSc ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari kalangan dosen/akademisi, mahasiswa S1 dan S2, Lembaga Swadaya Masyarakat / NGO serta beberapa pengurus cabang/wilayah Parpol di lingkungan Sumatera Barat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor II Universitas Andalas. (syai) 

IMG 5312a

Friday, 13 October 2017 09:42

Pelatihan Penulisan Skripsi

Ilmu Politik- Untuk meningkatan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa Fakultas FISIP Unand khususnya Ilmu Politik dalam menulis baik itu dalam penulisan ilmiah, jurnal dan skripsi maka Program Jurusan Ilmu Politik FISIP Unand mengadakan Pelatihan Penulisan Skripsi untuk mahasiswa Jurusan Ilmu Politik yang di adakan pada tanggal 6 Oktober 2017 di ruangan Sidang Dekanat FISIP Unand.

Pelatihan Penulisan Skripsi menghadirkan pemateri yaitu Drs.Suryanef,MSi ( wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang ), kegiatan ini di moderatori oleh Zulfadli, SHi, MSi ( Sekretaris Jurusan Ilmu Politik FISIP Unand).

IMG 0011

Ketua Panitia Bapak Dr.Asrinaldi, MSi dalam sambutannya mengatakan dan mengharapkan setelah Pelatihan ini mahasiswa Jurusan Ilmu Politik khususnya, mahasiswa FISIP umumnya, lebih terpacu dalam menulis, baik itu skripsi, jurnal dan ditantang untuk menulis karya ilmiah yang lebih baik, Pelatihan ini agar mahasiswa mampu untuk menilai bagaimana kondisi pada saat ini, kegiatan ini di hadiri lebih kurang 60 peserta.

IMG 0016

Tuesday, 12 September 2017 12:31

Takziah ke rumah Almarhumah Annisa Aulia Fery

Pada hari Senin, 11 September 2017, segenap civitas akademika Jurusan Ilmu Politik melakukan takziah dan penghormatan terakhir di rumah duka Almarhumah Annisa Aulia Fery (Anes). 

Turut hadir pada kegiatan ini adalah perwakilan dari Dosen (Sekjur, Ketua Laboratorium Ilmu Politik dan Eks Pembina HMJ Ilmu Politik) serta ratusan mahasiswi angkatan 2017 sampai angkatan 2014.

Jurusan mengucapkan turut berduka atas wafatnya Anes dan semoga arwah almarhumah diberi tempat terbaik disisi Allah SWT dan Keluarga diberi ketabahan.

Amien

Innalillaihi wa inna illaihi rojiun

 

Segenap Civitas Akademika Jurusan Ilmu Politik mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Annisa Aulia Fery (Anes), mahasiswi angkata 2017 yang wafat pada hari Minggu 10 September 2017 pukul 23.00 WIB Di Batusangkar.

Semoga arwah almarhumah diterima disisi Allah SWT dan Keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Amien

Wednesday, 30 August 2017 14:59

Daftar Mentor MPIP Kuantitatif 2017

Daftar mentor MPIP Kuantitatif tahun 2017 silahkan diunduh pada link berikut ini.