POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS

DISKUSI PUBLIK “POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS” : URGENSI PARTAI POLITIK UNTUK MEMILIKI KODE ETIK DAN PANDUAN REKRUTMEN DAN KADERISASI.

Di sela-sela hiruk pikuknya perhatian publik terhadap perseteruan antara KPK dan Pansus Angket DPR RI, Jurusan Ilmu Politik FISIP Unand berkerja sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) melakukan sebuah acara yang dikemas dengan nama “Diskusi Publik Cerdas Berintegritas : Urgensi Partai Politik untuk Memiliki Kode Etik dan Panduan Rekrutmen dan Kaderisasi”. Tujuan kegiatan ini selain diseminasi Dokumen Kode Etik dan Panduan Kaderisasi Rekrutmen dan Kaderisasi Ideal yang telah disusun oleh KPK dan LIPI, kegiatan ini juga ditujukan untuk menggalang perhatian publik terhadap persoalan kode etik dan rekrutmen yang selama ini terjadi di partai politik.

IMG 5274

 

Kegiatan Diskusi Publik ini dilaksanakan pada Kamis, 12 Oktober 2012, di Aula Pasca Sarjana Universitas Andalas dengan menghadirkan tiga orang pembicara : Bapak Sujanarko (Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK RI), Dr. Sri Nuryanti (LIPI) dan Dr Aidinil Zetra (Akademisi dan Wakil Dekan I FISIP Unand). Kegiatan ini merupakan program roadshow Politik Cerdas Berintegritas yang dilakukan oleh KPK di 10 universitas yang ada wilayah Indonesia mulai dari Sumatera hingga ke Papua. Untuk Wilayah Sumatera, kegiatan kerjasama ini hanya dilakukan dengan Universitas Andalas dan Universitas Lampung.

IMG 5305

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Dr Endri Martius, MSc ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari kalangan dosen/akademisi, mahasiswa S1 dan S2, Lembaga Swadaya Masyarakat / NGO serta beberapa pengurus cabang/wilayah Parpol di lingkungan Sumatera Barat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor II Universitas Andalas. (syai) 

IMG 5312a