PEMUDA DAN PEMBAHARUAN POLITIK

Ilmu Politik FISIP Unand pada  tanggal 17 Oktober 2017 mengadakan Kuliah Umum terbuka bagi seluruh mahasiswa FISIP di Aula Gedung Dekanat FISIP Unand. Pemuda memiliki peranan penting yaitu sebagai pembentukan bangsa, terkhususnya pemuda di minangkabau. Sejarah mencatat pemuda yang gencar untuk memerdekakan indonesia berasal dari ranah minang. Sosiologi politik terbaru ada temuan Midleman/Intermedia actor (ada perantara antara masyarakat dengan ). Peran dari intermedia actor, kalau dulu ada Adam Malik yang mana, beliau mencoba men-transisikan orde lama ke orde baru serta pembaharuan terhadap regional ASEAN.
Dengan semangat kepemudaan ini maka Program Pendidikan Ilmu Politik FISIP Unand Mengadakan Kuliah Umum yang bertajuk “PEMUDA DAN PEMBAHARUAN POLITIK INDONESIA MENUJU 2045” dengan menghadirkan narasumber Dimas Oky Nugroho,Ph.D dari kalangan Staff Kepersidenan Republik Indonesia.
Dekan FISIP Bapak Dr. Alfan Miko M.Si mengatakan sangat berterima kasih dengan kehadiran staff kepersiden RI ini dapat memacu mahasiswa S1 dan S2 Fakultas FISIP lebih kuat rasa kebanggsaan dan berpolitik lebih cerdas. Dan kami jurusan ilmu politik berkomitmen untuk mengangkat acara yang berelasi dengan kantor staf kepresidenan untuk tahun depannya kapan perlu presiden RI yang kita undang, ketua Prodi Ilmu Politik FISIP bapak Dr. Asrinaldi M.Si mengatakan Pemuda memiliki peranan penting yaitu sebagai pembentukan bangsa, terkhususnya pemuda di minangkabau. Sejarah mencatat pemuda yang gencar untuk memerdekakan indonesia berasal dari ranah minang. Sosiologi politik terbaru ada temuan Midleman/Intermedia actor (ada perantara antara masyarakat dengan ). Peran dari intermedia actor, kalau dulu ada Adam Malik yang mana, beliau mencoba men-transisikan orde lama ke orde baru serta pembaharuan terhadap regional ASEAN.
Dimas Oky Nugroho,Ph.D dalam kuliah umumnya menyampaikan, Anak muda selalu menjadi peran penting / jembatan antara publik dan masyarakat. Peran anak muda lebih ke penguatan sosial politik di negara. Pada zaman orde baru pemuda atau anak muda diarahkan lebih kepada penguatan pembangunan ekonomi, anak muda didorong untuk menjadi pelaku ekonomi. Pada saat ini di Indonesia anak muda tertarik untuk menjadi enterpreneur melalui media sosial.

IMG 5397a

Tantangan terbesar saat ini dan dimasa depan ialah bagaimana pemimpin mampu mengerahkan atau memberikan pendidikan politik dan meningkatkan partisipasi politik dari pemuda atau masyarakat. Poin terpentingnya ialah bagaimana cara pemimpin berkomunikasi dengan anak muda atau masyarakat.
Paling penting untuk saat ini ialah jangan sampai pemuda kehilangan karakter dan nilai-nilai yang dipegang teguh. Nilai-nilai yang dipegang teguh sesuai dengan prinsip kebangsaan. Pemuda harus membangun jaringan dan berkonstribusi. Seperti yang diucapkan oleh bapak Gusdur “boleh pergi kemanapun namun jangan lupa jalan pulang”.
Marcho ilmu politik angkatan 2015, dalam sesi Tanya jawab menyampaikan, Pembaharuan apa yang bisa diberikan oleh pemuda dari segi politik untuk indonesia yang lebih baik ? Apa yang bisa diperbaharui oleh mahasiwa sebagai sebuah entitas dalam masyarakat ?.
Dimas Oky Nugroho,Ph.D menjawab, Setiap generasi melahirkan pemimpinnya sendiri, dan memahami persoalan kebangsaan dan memberikan solusi untuk itu. Persoalannya ialah indonesia itu, rumitnya adalah seperti masa lalu yang belum tuntas. Adapun solusinya yaitu, percaya pada diri sendiri. Adapun solusi harusnya pemuda indonesia memiliki karakter yang berintegritas, dan daya tahan mencapai sesuatu harus dibangun lagi untuk pemuda indonesia saat ini.