Rate this item
(4 votes)

Jurusan Sosiologi FISIP Unand

(http://sosiologi.fisip.unand.ac.id)

Dr. Jendrius, M.Si (Ketua Jurusan)

Jurusan Sosiologi salah satu dari empat jurusan (Jurusan Sejarah, Jurusan Sastra Indonesia, Jurusan Sastra Inggris) dalam berdirinya Fakultas Sastra Universitas Andalas berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 39 tahun 1982 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0538/0/1983, tertanggal 8 Desember 1983. Pada saat itu Jurusan Sosiologi terdiri dari 2 Program Studi yaitu Program Studi Antropologi dan Program Studi Sosiologi dengan menerima mahasiswa  angkatan pertama tahun akademik 1982/1983 dan mulai perkuliahan bulan Agustus 1982. Jurusan ini berhasil meluluskan dan  mewisuda sarjana angkatan pertama dalam bulan November 1986.Jurusan Sosiologi dengan Program Studi Sosiologi menjadi salah satu Jurusan yang berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas diperkuat berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Nomor 20/DIKTI/Kep/1994, tanggal 15 Januari 1994.

Berdasarkan hasil penilaian dari BAN-PT pada tahun 2011, saat ini Jurusan Sosiologi memperoleh nilai akreditasi A,yang berlaku dari tahun 2011 sampai tahun 2016. Peningkatan nilai akreditasi tersebut tidak terlepas dari pengaruh hibah yang pernah diterima oleh Jurusan Sosiologi.  Sejak tahun 2003, Jurusan menerima dana dari Forum Higher Education Development Support (HEDS) dan pada tahun 2005 selama dua tahun mendapat dana SP4 dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Kedua jenis hibah tersebut digunakan  untuk mendanai program pengembangan utama jurusan yaitu program pengembangan relevansi kurikulum program studi berbasis kompetensi, atmosfir akademik, dan efisiensi, produktifitas, dan kapasitas manajeman internal Jurusan. 

Semenjak berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Sosiologi telah dipimpin oleh lima orang yaitu Prof. Dr. Abdul Aziz Saleh, MA (1994-1999), Drs. Wahyu Pramono, M.Si (1999-2008), Dr. Azwar, M.Si (2008-2012) dan Dr.Elfitra, M.Si (2012-2016), Dr. Jendrius, M.Si (2016 s/d sekarang) Jumlah Alumni hingga sekarang mencapai 700 orang dan telah menjadi PNS di berbagai instansi pemerintah pada umumnya di Sumatera Barat, seperti di BKKBN, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, kabupaten, perguruan tinggi (dosen) dan SMU (guru). Sektor penting yang kedua penyedot alumni jurusan ini adalah Ornop dan Media (baik cetak maupun elektronik). Alumni Jurusan Sosiologi telah bekerja di berbagai Ornop dan Media di berbagai tempat di Indonesia. Disamping itu, cukup banyak alumni Jurusan Sosiologi yang direkrut oleh sektor perbankan.

Sejak tahun 2010, Jurusan Sosiologi melakukan kerjasama dengan University of Malaya, berupa kegiatan seminar internasional dan program pertukaran mahasiswa (program Autbound/Inbound). Direncanakan kerjasama ini dapat dilanjutkan dengan program credit earning di masa datang, dimana mahasiswa Jurusan Sosiologi mengikuti kegiatan kuliah selama satu semester penuh di University of Malaya.

Untuk mengenal Jurusan Sosiologi lebih detail, bisa diakses di website : http://sosiologi.fisip.unand.ac.id

Read 3531 times Last modified on Friday, 24 March 2017 14:03
More in this category: Zulfadli,S.H.I,M.Si »