Rate this item
(1 Vote)

Jurusan ilmu Politik

(http://ilmupolitik.fisip.unand.ac.id)

WhatsApp Image 2018 12 03 at 06.07

Dr. Indah Adi Putri, M.IP (Ketua Jurusan)

Jurusan Ilmu Politik sebagai salah satu Jurusan di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas secara resmi didirikan pada tanggal 7 Agustus 1997 melalui Surat Keputusan (SK) Dirjen Dikti Nomor 326/Dikti/Ket/1997 tentang Pembentukan Program Studi S-1 Ilmu Politik pada FISIP Universitas Andalas.

Pada saat didirikan pada tahun 1997, Jurusan Ilmu Politik masih berstatus Program Studi yang berada di dalam Jurusan Sosiologi. Meskipun statusnya hanyalah  sebagai Program Studi, namun hak dan kewajiban yang dimiliki Program Studi Ilmu Politik diperlakukan sama dengan status Jurusan. Namun seiring dengan perubahan paradigma pengelolaan perguruan tinggi di Indonesia, maka status sebagai Program Studi dirasa tidak lagi menguntungkan bagi perkembangan aktifitasnya maupun untuk peluang-peluang yang tersedia pada masa itu.

Dengan melihat kondisi existing (internal maupun eksternal) pada masa itu, serta adanya perubahan paradigma pengelolaan perguruan tinggi di Indonesia, maka pada tahun 2005 Program Studi Ilmu Politik mengusulkan untuk melakukan perubahan/peningkatan status dari Program Studi menjadi Jurusan. Usulan perubahan status ini ditujukan agar Program Studi Ilmu Politik dapat lebih mandiri dalam mengembangkan berbagai aktivitas baik administratif, sumber daya maupun akademik, menyusul terjadinya berbagai perubahan yang sangat cepat dalam aras politik praktis maupun teoritis selama dekade terakhir ini. Akhirnya pada tanggal 11 Februari 2005, Program Studi Ilmu Politik resmi berubah status dari Program Studi menjadi Jurusan dengan diterbitkannya SK Dirjen Dikti No. 05/Dikti/Kep/2005 tentang Pembentukan Jurusan Ilmu Politik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas.

Saat ini Jurusan Ilmu Politik telah memiliki dosen tetap berjumlah 13 orang, dengan  jumlah mahasiswa (Reguler) sebanyak 339 orang dan (Reguler Mandiri) 21 orang. Jumlah lulusan yang telah dihasilkan oleh Jurusan Ilmu Politik, sejak pertama kali meluluskan tahun 2001, adalah sebanyak 459 lulusan (alumni) yang tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai jenis pekerjaan, diantaranya menjadi Anggota DPRD,  birokrat (PNS), Dosen PTN dan PTS, Jurnalis media cetak dan elektronik, aktivis dan konsultan di NGO, serta masih banyak jenis pekerjaan lainnya.

Saat ini Jurusan Ilmu Poltik telah terakreditasi dengan nilai/skor A yang tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) No. 3350/SK/BAN-PT/Akred//S/IX/2017 tanggal 12 September 2017 sampai dengan 12 September 2022

Read 2919 times Last modified on Monday, 03 December 2018 12:00