magister

magister (2)

Nama Mata Kuliah : Perilaku Politik SKS : 3 Sks
Program Studi : Magister Ilmu Politik Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Dosen Pengampu : Dr. M. Fachri Adnan, M.Si

Kompetensi Dasar

Mampu menjelaskan latar belakang, ruang lingkup, pendekatan dalam studi perilaku politik dalam ilmu politik serta faktor-faktor yang mempengaruhinya di Negara-negara maju, Negara berkembang, dan dalam kontek nasional, daerah, dan lokal.

Download RPS

A      LATAR BELAKANG

        Matakuliah ini disusun sebagai bagian dari matakuliah wajib bagi mahasiswa yang ingin memahami bagaimana demokrasi elektoral dilaksanakan.  Untuk pemahaman realita empiris tentang demokrasi dibutuhkan pendalaman terhadap teori-teori demokrasi yang ada.  Oleh karenanya, matakuliah ini menjadi penting untuk memahami lebih mendalam tentang apa yang terjadi dalam praktik demokrasi elektoral seperti Pemilu dan Pilkada.

        Matakuliah ini menjadi dasar untuk menghubungkan pemahaman dengan matakuliah lain seperti Sistem Pemilu, Penyelesaiaan Konflik Pemilu dan seterusnya.  Karena bagaimanapun pemahaman mahasiswa terkait dengan matakuliah lain akan baik ketika dilandasakan dengan teori tentang demokrasi ini.

        Dengan mengambil matakuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan mampu untuk melakukan analisis melalui penggunaan teori-teori demokrasi dalam tugas-tugas yang dibuat. Untuk membantu pemahaman mahasiswa, maka matakuliah ini juga dilengkapi dengan kuliah lapangan ke berbagai instansi untuk meningkat pemahaman mereka mengenai substansi mata kuliah ini.

B      PERENCANAAN PEMBELAJARAN

1            Deskripsi singkat matakuliah

Matakuliah ini menjelaskan sejumlah teori-teori dalam demokrasi, terutama melihat bagaima perkembangan demokrasi dibanyak negara, khususnya di Indonesia.  Perkembangan demokrasi ini dimulai dari transisi sebuah negara ke sistem demokrasi yang dengan mengubah sejumlah aturan yang ada sehingga sistem politiknya menjadi dinamis.  Selain aspek transisi, juga dipelajari aspek konsolidasi yang menjadi bagian dari perkembangan demokrasi tersebut.  Selain itu, untuk memahami bagaimana demokrasi itu dilaksanakan perlu juga dilihat dimensi pendalaman demokrasi yang dilaksanakan di banyak negara, terutama di Indonesia.


2      Tujuan pembelajaran

Matakuliah ini bertujuan:

  1. Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terkait dengan teori politik dan demokrasi sehingga dapat menganalisis fenomena yang ada;
  2. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis kasus yang ada, khususnya mengenai praktik demokrasi elektoral di Indonesia.

3      Capaian Pembelajaran

        Keberhasilan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran ini dapat dilihat dari capaian pembelajaran yang akan diwujudkan, yaitu:

  1. Bertambahnya pemahaman mahasiswa terkait dengan nilai-nilai demokrasi yang dilaksanakan dalam sistem politik;
  2. Meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam menggunakan nilai-nilai demokrasi;
  3. Meningkatnya pengetahuan mahasiswa sehingga dapat menjadi dasar bagi mereka memahami realita demokrasi yang ada;
  4. Munculnya hak dan tanggungjawab terkait dengan peran dan fungsi mereka dalam masyarakat dan sistem politik.

4      Metode pembelajaran

        Guna mencapai tujuan pembelajaran matakuliah ini, maka ada beberapa metode pembelajaran yang digunakan, di antaranya:

  1. Small Group Discussion yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis mahasiswa terkait bahan, materi atau kasus yang diberikan;
  2. Discovery Learning yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa mengidentifikasi dan memahami materi atau kasus yang mereka anggap relevan untuk dijadikan bahan bersama dalam memahami matakuliah;
  3. Problem Based Learning yang juga menjadi pilihan untuk membantu mahasiswa mendalami kasus-kasus tertentu yang membutuhkan penanganan segera dan analisis untuk solusi.

Download RPS